Cara Mudah Membersihkan Karburator Motor

Kuncipas.com, Salam kupass... Berbicara mengenai karburator, tentunan agan agan semua pernah mengalami masalah dengan organ si jagur yang satu ini. Karburator adalah organ yang sangat penting pada kendaraan bermotor . karena karburator merupakan alat untuk mencampurkan bahan bakar dengan udara dengan takaran yang sesuai dengan ukuran yang dibutuhkan untuk kemudian disalurkan ke dalam ruang pembakaran atau silinder dalam bentuk kabut. Sehingga kebersihan dan ketepatan penyetelan sangat diperlukan, karena akan berpengaruh pada kinerja mesin. 

Sudah bisa dibayangkan kan gan jika karburator motor agan agan semua tidak terjaga kebersihannya, yahh.. hal tersebut bisa mengakibatkan kinerja motor menjadi tidak maksimal. Oleh karena itu perawatan karburator secara berkala sangat diperlukan. Dan jangan khawatir, karena disini kuncipas.com akan sedikit berbagi informasi tentang bagaimana cara merawat karburator secara sederhana. 

A. Sebelum kita ke perawatan, terlebih dahulu agan agan harus mengenal komponen komponen karburator beserta fungsinya. Diantaranya sebagai berikut : 

Komponen-komponen karburator. Kuncipas.com
 
  1. Ruang Pelampung Karburator ( Menampung sementara bahanbakar dari tangki sebelum di proses dialirkan ke ruang pembakaran) 
  2. Pelampung (Mengatur bahan bakar dalam ruang pelampung karburator agar permukaannya tetap sehingga tidak meluap dan masuk ke ruang pembakaran)
  3. Jarum katup pelampung ( Menutup saluran suplai bahan bakar dari tangki bila bahan bakar dalam ruang pelampung karburator telah penuh). 
  4. Katup gas/skep ( Mengatur jumlah campuran bahan bakar dengan udara yang akan dialirkan ke dalam ruang pembakaran ( silinder ). 
  5. Jarum gas / jarum skep ( Mengatur jumlah campuran bahan bakar dengan udara yang masuk melalui spuyer ketika motor digas dengan pembukaan katup ¼ sampai dengan ¾). 
  6. Pegas/per skep ( Mengembalikan posisi skep pada posisi terendah saat kabel gas dolepas (tidak digas). 
  7. Pemancar jarum ( Memancarkan bahan bakar waktu motor digas, besarnya diatur oleh terangkatnya jarum ske).. 
  8.  Pemancar utama ( Memancarkan bahan bakar pada waktu putaran tinggi ( Kabel gas ditarik penuh ) 
  9. Pemancar kecil / stationer ( Memancarkan bahan bakar ketika motor dalam keadaan langsam / stationer /idle). 
  10. Sekerup / baut udara (Mengatur jumlah udara yang bercampur dengan bahan baka)r.
  11. Sekerup / baut gas ( Mengatur posisi pembukaan katup/skep untuk posisi langsam ( stationer ) 
  12. Katup cuk ( Menutup saluran udara yang masuk ke karburator agar terjadi percampuran kaya untuk sementara. Digunakan apabila menghidupkan mesin dalam keadaan dingi). 
B. Kemudian, berikut adalah langkah-langkah membersihkan karburator  motor anda dengan sederhana

Langkah-langkah membersihkan Karburator Motor. Kuncipas.com
  1. Sediakan alat - alat yang diperlukan seperti obeng, tang, kunci pas, kunci ring, kuas 1 inci, kain lap
  2. Sediakan pula tempat yang cukup untuk menampung komponen – komponen
  3. Tutup kran bensin dari tangki, kamudian lepaskn semua selang dari karburator. 
  4. Lepaskan karburator dari dudukannya, simpanlah mur dan ring pada tempat yang telah disediakan. 
  5. Buka saluran pembuangan bensin pada karburator, dan keluarkan bensin dari ruang pelampung.Tampunglah bensin tersebut pada tempat yang tersedia. Hindari api terbuka. 
  6. Buka penamoung bensin (ruang pelampung) dengan posisi karburator terbalik. 
  7. Ambil jarum pelampung dengan hati-hati, kemudian periksa apakah aus atau tidak. Bila aus atau tergores sebaiknya diganti. 
  8. Lepaskan main jet, air screw, dan yang lainnya dengan hati-hati. Bersihkan dengan udar bertekanan atau tiup kuat-kuat.Simpan pada tempat yang tersedia.
  9. Cucilah komponen-komponen karburator dengan bensin yang bersih. Semprotkan setiap saluran dengan udara bertekanan, atau tiup kuat-kuat.
  10. Bila semua komponen sudah dibersihkan dan diperiksa, maka semua komponen tersebut siap dipasang kembali dengan urutan langkah kebalikannya dari pembongkaran.

0 Response to "Cara Mudah Membersihkan Karburator Motor"

Posting Komentar